Sambel Goreng Terong Ungu

Sambel Goreng Terong Ungu


Assalamu'alaikum..

Tulisan pertama saya, sebelum saya merangkai kata kenalin dulu niiich.. sebut saja saya "mak/mbak/apa saja asal jangan mbah yach..hehehhe
Untuk kedepannya insya'Allah saya akan membagikan resep simpke yang bisa diikuti bagi pemula / yang baru mau mulai ingin belajar masak dengan menu sederhana tapi tetap nikmat.
Oyaa..masakan saya adalah masakan rumahan yang biasa saya masak dirumah, tentunya menu sederhana dan simple..
Yuuk simak resep pertama saya..!!

http://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak@ResepSayaSimple

SAMBEL GORENG TERONG UNGU
Bahan :
3 terong ungu
1/2 bungkus santan (sy:kara size 65ml)
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 ruas lengkuas
1/2 keping gula jawa
1/2 sdt gula pasir
1/2-1 sdt garam (beri sedikit dulu)
1/4 sdt penyedap
400 ml air
Minyak goreng

Bumbu yang Digoreng :
2 bawang putih
4 bawang merah
10 cabai merah /sesuaikan selera
1 tomat (potong)

Bumbu yang Dihaluskan :
2 kemiri
Bumbu yang digoreng

Cara Membuat :
1. Potong terong jadi 3 bagian, kemudian belah memanjang jadi beberapa potong. Goreng terong sampai keemasan.
2. Tumis bumbu halus (bumbu goreng+kemiri) bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas sampai harum, tuang air, garam, penyedap, gula. Masak sampai mendidih.
3. Masukkan terong tunggu sampai mendidih kembali, masukkan santan aduk terus agar santan tidak pecah. Masak sebentar hingga mendidih & koreksi rasa. Sajikan hangat.

Comments