Tumis Buncis Ati Ampela

TUMIS BUNCIS ATI AMPELA

https://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak

Hallo mak.. siapa yang suka ati ampela ayam? Atau mana nih team ati dan mana team ampela ? Hahahha
Saya termasuk team ampela karena dulu tidak suka rasa ati yang sedikit ada pahit-pahitnya khas ati, tapi sekarang sudah team komplit alias ati ampela semua saya suka. Biasanya ati ampela dimasak apa nih mak ? Semur, goreng , sambel goreng atau balado?

Saya biasanya masak ati ampela ditumis atau botok, menurut saya lebih mudah dan lebih "ngelawuhi " kalau orang Jawa bilang (alias sedikit saja sudah bisa buat lauk kaya rasa).
Kalau botok rasanya pedas memakai santan, tapi bukan botok yang pakai parutan kelapa ya mak. Botok yang saya maksud mirip dengan garang asem, tapi botok bumbunya dihaluskan dan kuah lebih kental dibanding garang asem. Tetapi kali ini saya tidak masak botok, melainkan tumis ati ampela yang praktis juga mudah dipraktekkan di rumah.

Tumis ati ampela supaya sedikit lebih ramai saya tambahkan buncis, lumayan kan ada protein dan sekaligus ada sayurnya. Selain buncis mak bisa tambahkan sayuran apa saya sesuai selera, bisa kubis, wortel, kacang panjang dsb. Sepertinya langsung saja kita mulai resepnya.

TUMIS BUNCIS ATI AMPELA

BAHAN :
2 ati ampela
2 genggam buncis (potong)
1 lembar daun jeruk (untuk merebus)
1 lembar daun jeruk (bumbu)
1 tomat (iris)
1 sdm gula jawa disisir
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt penyedap
1/4-1/2 sdt lada
2 sdm kecap manis
200 ml air

BUMBU IRIS :
2 bawang putih
4 bawang merah
1 cabe rawit (sesuaikan selera)

CARA MEMBUAT :
  1. Rebus ati ampela dengan 1lembar daun jeruk, rebus sampai empuk. Potong sesuai selera. (pisahkan ati dengan ampela)
  2. Tumis bumbu iris sampai harum, masukkan buncis aduk2 sampai layu. Tuang air tunggu mendidih.
  3. Masukkan ampela, garam, gula, penyedap, kecap, lada.
  4. Setelah mendidih masukkan ati ayam & tomat. Masak sampai air mulai sedikit menyusut. Koreksi rasa.
  5. Jika suka kuah banyak, jangan masak sampai air terlalu banyak menyusut.

Comments