Bayam Oyong Kuah

Bayam Oyong Kuah

http://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak@ResepSayaSimple

Tubuh butuh penyegaran sepertinya, sehari setelah kemarin berpanas-panasan tapi angin yang sangat kencang kondisi kesehatan langsung drop. Apa karena lagi musim sakit atau memang karena panas-panas seharian ditambah kena angin seharian juga, bukan hanya kembung tapi badan 3 hari lebih sakit-sakit semua. Kalau seperti ini perlu makan yang berkuah dan pedas, tapi pedas yang bersahabat takut yaa kalau lagi kurang fit gini makan yang terlalu pedas..bukannya sembuh4 malah nambah penyakit baru :(

Kebetulan waktunya belanja bahan-bahan isi kulkas, saya terbiasa belanja sekalian banyak untuk 1-2 minggu. Supaya awet mak bisa gunakan tips dengan membungkus sayuran dengan kertas koran, tapi jika punya wadah kedap udara yang berbagai ukuran akan lebih praktis dan rapi hanya dialasi kertas koran/tissu dapur.

Hari ini pengin masak yang gampang, cepet juga seger, karena juga udah kecapekkan seharian nungguin bersihin bunga es yang udak setebal gunung...hahahha
Masak bayam sepertinya pilihan tepat, nanti bikin teman makannya sambel kukus. Makan bayam ini rasanya seperti tanaman layu yang disiram...segeeerrr :)
Bayam dan oyong tidak hanya cocok disandingan menjadi suatu menu, tapi tentu saja nilai gizinya dan manfaatnya semakin berlipat ganda. Mari kita ulas secara singkat, mulai manfaat dari bayam mencegah penyakit jantung, mencegah bayi lahir cacat, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, melawan sel kanker, kesehatan mata, anti inflamasi, menurunkan kolesterol, anti diabetes, baik bagi tulang, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh. (Depok Pos)

Sedangkan manfaat dari oyong adalah melancarkan peredaran darah, menyembuhkan peradangan usus, menyembuhkan radang tenggorokan, menyembuhkan radang rongga telinga, menyembuhkan cacingan, Memperbanyak kandungan ASI pada ibu menyusui. (Halo Sehat)

Tetapi perlu di ingat ya mak jika masak bayam sebaiknya langsung sekali habis, karna kandungan nitrat pada bayam akan hilang jadi masak secukupnya saja ya mak.
Langsung masak yuuukk !!

BAYAM OYONG KUAH
BAHAN :
150gr oyong
2 genggam bayam
3 bawang merah (iris)
1 bawang merah (goreng)
600ml air

BUMBU :
1/2sdt garam /sesuaikan selera
1/2sdm gula pasir/sesuai selera
1/4sdt penyedap (boleh skip)

CARA MEMBUAT :

  1. Petik bayam seperti saat petik kangkung. Cuci di air mengalir.
  2. Buang pinggir oyong yang keras, potong jangan terlalu tipis. Cuci bersih.
  3. Masak air sampai mendidih, masukkan bawang merah iris, garam, penyedap, gula. Masak sampai bawang merah layu.
  4. Masukkan oyong tunggu sampai berubah warna agak bening/transparan. Baru masukkan bayam, masak sebentar saja. Koreksi rasa, taburi bawang merah goreng dan sajikan hangat !

Comments