Bola Bola Tahu Praktis

Bola-bola Tahu

http://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak@DapurSimple
Begun tidur kesiangan bikin mood jadi drop ya mak..semua serba kilat, tapi yang namanya masak harus dan wajib dalam keadaan mood yang happy..
Tapi kalau saya mau mood atau lagi gak mood tetep harus masak buat sarapan, dan biasanya kalau lagi gak mood ada aja gangguannya kayak air tumpahlah, barang-barang jatuhlah dan yang bikin makin keluar tanduk yaa rasa masakan jadi aneh juga butuh bolak-balik koreksi rasa. Tapi beda cerita kalau malemnya buat menu yang berkuah ya mak bisa dimakan sekalian buat sarapan, jadi pagi tinggal panasin saja..kalau seperti itu aman sudah dunia perdapuran...hahahha

Naaah..demi menghindari kegalauan-kegalauan saat gak mood saya buat menu simple aja buat sarapan, kebetulan pas banget bangun kesiangan tapi untungnya malamnya sudah planing apa yang akan dimasak buat sarapan dan milih masak berbahan tahu. Naaaahhh... siapa sih yang gak tau tahu..?? Selain sayur dan bahan protein lainnya, tahu selalu tidak absen dari deretan bahan yang ada di kulkas.
Tips agar tahu awet ala dapur simple : kukus tahu kurang lebih 10-15 menit, tunggu sampai dingin disuhu ruang kemudian bisa disimpan di dalam kulkas.

Olahan dari kacang kedelai ini memang sangat merakyat dan terkenal murah, bukan hanya murah rasa dan kandungan proteinnya cukup tinggi sehingga sangat cocok diolah menjadi berbagai menu untuk keluarga. Tahu merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral, kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kalium. Selain itu vitamin yabg ada pada tahu antara lain vitamin D, A, B6, C, thiamin, asam folat sdb. Berbagai macam kandungan gizi pada tahu, maka tak heran tahu banyak manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan resiko kanker, anemia, osteoporosis serta kadar kolesterol. 


Sekedar tips juga ya mak.. biar menghemat waktu mak bisa mulai mikirin menu apa buat sarapan atau makan siang dan malam, jadi kalaupun buru-buru waktunya gak kebuang buat kebingungan mau masak apa...yaaa kaaann ?! Kalau saya memang terbiasa masak dengan menu yang berbeda tiap hari kecuali kalau masak berkuah dan dalam porsi besar. Okeeey selanjutnya langsung ke resep simple ya mak..!!

BOLA BOLA TAHU

BAHAN :
3 kotak tahub putih
1 telur
4 sdm tepung bumbu (sy : sajiku)
1 batang daun bawang (rajang)
1/2 sdt garam (beri sedikit dulu dan cicipi)
1/4 sdt penyedap (boleh skip)
Secukupnya minyak

CARA MEMBUAT :

  1. Hancurkan tahu dwngan garpu/diremas, masukkan daun bawang, tepung bumbu, garam, penyedap. Aduk rata.
  2. Masukkan telur kedalam adonan tahu, aduk rata.
  3. Panaskan minyak, bisa masukan sedikit adonan dan cicipi. (Sy : cicipi sedikit saat mentah)
  4. Masukkan adonan tahu dengan bantuan sendok (sy: 1sdt setiap bulatan) atau bisa bulatkan dengan kedua telapak tangan.
  5. Goreng satu sisi dulu baru kemudian sisi lainnya, balik 1x saja (goreng keemasan)




Comments