Sambel Ijo Ala RM.Padang

Sambel Ijo Ala RM.Padang

http://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak@ResepSayaSimple

Sambel ijo ala RM. Padang yang kedua kalinya saya buat, meskipun kurang komplit tanpa daun singkong rebus. Sambel ini super enak karena bukan hanya rasanya, tapi bisa pu6as ya makannya karena kita bisa makan banyak tanpa menyiksa lidah dan perut.. hahaha
Tapi kalau mak suka pedes tiggal tambah cabai rawit hijau ya mak, biar makin mantap pedesnya.

Kemarin saya bikin sambel ini karena udah lama kepingin tapi gak sempet ngebuatnya, tapi selain itu cabai hijaunya masih banyak dikulkas takutnya kalau keburu kisut. Oya mak kayaknya udah pada taunya tips menyimpan cabai bisa awet berbulan-bulan? Tapi bagi mak yang belum tau saya sertakan tipsnya, saya tau tips ini kalau gak salah dari IG @umi_halim.
Tips Menyimpan Cabai :

  1. Pisahkan cabai dari tangkainya (cqbqi tidak perlu dicuci)
  2. Siapkan wadah kedap udara dan alasi dengan tissu dapur/koran, beri juga bagian punggir/dinding wadah dengan tissu/koran 
  3. Letakkan cabai dalam wadah yang sudah disiapkan tadi, letakkan beberapa bawang putih segar yang dudah dikupas ditengah-tengah cabai. Tutup dan simpan dalam kulkas.
  4. Cara saya: biasanya saya letakkan beberapa bawang putih kupas didasar wadah, kemudian baru masukkan cabai dan saya letakkan lagi beberapa bawang putih kupas ditengah/atas cabai. Tutup dan simpan dikulkas.
  5. Jika ingin memasak, ambil sesuai kebutuhan dan baru dicuci sebelum dimasak.
Naaah maak sejak saya pakai tips ini, lumayan banget lhooo bisa hemat dan yang penting cabai gak kebuang karena keburu busuk. Tips ini juga bisa diterapkan pada sayuran lainnya, tapi tanpa penambahan bawang putih. Yuuk mak langsung ke resep !!

sambel ijo ala RM.padang resepsayasimple
@DapurEmak@ResepSayaSimple
SAMBEL IJO ALA RM.PADANG
BAHAN :
20 cabai hijau keriting /bisa tambah rawit hijau
2 tomat hijau
1 bawang putih
3 bawang merah

BUMBU :
1/2 sdt garam /sesuaikan selera
1 sdt gula jawa sisir
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt air lemon/jeruk nipis
sejumput penyedap (boleh skip)
Secukupnya minyak

CARA MEMBUAT :

  1. Didihkan air, masukkan bahan dan rebus sampai layu.
  2. Jika cabai sudah mulai layu segera angkat, sedangkan untuk tomat tunggu sampai kulitnya mulai pecah/mengelupas.
  3. Sambil menunggu tomat selesai direbus, ulek kasar cabai, bawang merah putih sedang garam dan penyedap.
  4. Masukkan tomat dan ulek kasar, tambahkan air lemon/jeruk nipis lalu aduk rata (air lemon berfungsi agar warna sambel tetap bagus)
  5. Panaskan minyak, tumis sambel yang sudah diulek. Tambahkan gula, aduk rata. Jangan lupa koreksi rasa.

Comments