Lodeh Campur Campur Praktis

Lodeh Campur Campur

http://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak@Resepsayasimple

Hari ini waktunya bersih-bersih isi kulkas mak, biasanya nemu sayuran atau bahan apa yang nyelip dipojokan.. hahaha. Biasanya kalau nemu bahn yang sama sekali gak nyambung atau mungkin tinggal secuil diapain mak..?! Jangan dibuang ya mak, kita bisa olah jadi menu yang lama tapi dengan perpaduan yang beda, dan rasanya pasti juga ada perbedaannya meskipun cuma sedikit. Selain tetap hemat dan gak buang-buang makanan, tapi bisa juga sebagai sarana kita mengembangkan kreatifitas kita dalam mengolah bahan juga melatih insting memasak (pengalaman pribadi) hehehe


Sesuai judulnya lodeh campur-campur, jadi mak silahkan berkreasi soal bahannya ya.. mau disamain juga boleh atau disesuaikan saja dengan bahan yang ada di dapur emak-emak semua.
Kebetulan di kulkas tiggal kubis, wortel, tahu, itu pun secuil-secuil. Pusing juga ya mak kalau bahannya nanggung begini, kalau mau dibuat manu terpisah sepertinya gak bakalan mendukung jadi dicampur aja semua.

Sebenarnya menu ini terbilang praktis mak, karena dalam satu wadah kita sudah dapat paket komplit. Seperti kita tau wortel kaya akan beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan alami, dan menurut sumber (ala dokter) kubis juga banyak mengandung vitamin seperti vitamin C, A, K, B1,B6. Sedangkan tahu sendiri kita tahu mempunyai kandungan protein yang tinggi serta bermacam nilai gizi lainnya. Langsung ke resep yuuk maaak..!!

LODEH CAMPUR-CAMPUR
BAHAN :
100 gr kubis (potong) /sesuaikan kebutuhan
2 kotak tahu (potong dadu)
1 wortel (potong)
2 lembar daub salam
2 ruas lengkuas
1/2 bungkus santan (sy:kara kemasan 65ml)
1/2 keping gula jawa
1 sdt gula pasir
1 sdt garam /sesuaikan selera
1/4sdt penyedap (boleh skip)
600ml air

BUMBU IRIS :
2 bawang putih
3 bawang merah
4 cabai merah
3 cabai hijau / boleh tambah rawit

CARA MEMBUAT :
  1. Potong dadu tahu, goreng sampai garing. Sisihkan
  2. Tumis bumbu iris bersama lengkuas, daun salam sampai layu dan harum. Masukkan sayuran dan tumis sebentar sampai layu. Tuang air
  3. Bumbui garam, penyedap, gula. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan tahu, santan (harus sambil ditimba-timba/diaduk ringan supaya santan tdk pecah)
  5. Masak sampai mendidih dan sayuran matang, jangan lupa koreksi rasanya. Sajikan hangat !

Comments