Lodeh Tempe Gembus

Lodeh Tempe Gembus (Jangan Ndeso)

http://resepsayasimple.blogspot.com
@DapurEmak@DapurSimple

Hujan kedua dibulan September, bumi terasa sedikit seger dan sejuk. Aroma tanah yang diguyur hujan membuat suasana hati terbawa hawa sejuk. Hujan membuat saya jadi romantis ya mak..hahahha
Tapi bener kalau malam menjelang pagi jadi dingin banget, saat-saat berebut selimut. Hehe
Cuaca sangat dingin seingat saya dibulan Juli sampai pertengahan Agustus, cuaca dingin dan berangin. Kurang lebih sebulan mandi selalu pakai air hangat, sepertinya sebagian besar daerah lain juga mengalami hal yang sama ya..tapi mulai akhir bulan Agustus sampai sekarang cuaca mulai dingin berangin lagi, meskipun tidak separah bulan-bulan lalu.

Karna baru saja hujan walaupun cuma sebentar sepertinya enak makan yang berkuah, tapi saya pengen yang bersantan dan pedas. Sekaligus mengolah tempe gembus yang ada dikulkas dan kebetulan lagi pengen banget makan gembus. Biasanya mak masak tempe gembus diapain? Digoreng ? Ditumis?
Tetapi sepertinya mau diolah jadi apa saja tempe gembus memang enak ya mak, tapi kalau didesa nenek dan di jaman dulu dimasak kuah santan seperti ini. Harga gembus juga sangat murah banget, biasanya beli seribu dapat 3 bungkus tapi kemaren beli seribu dapat 4 bungkus dan kalau dimasak jadi banyak. Resep ini juga hasil otak-atik saya sendiri yang suka spontan masukin bahan dan bumbu, cuma saya ingat-ingat saja bagaimana citarasanya yang dulu pernah saya makan.

Tempe gembus adalah hasil dari fermentasi ampas tahu, meskipun begitu masih terdapat kandungan gizi pada tempe gembus seperti protein, lemak dsb. Apabila dibandingkan dengan tempe kedelai kandungan protein dan lemak tempe gembus memang lebih rendah, tapi kandungan serat makanan yang lebih tinggi. Tempe gembus juga ada kandungan berbagai jenis asam amino yang sama dengan tempe kedelai, namun kadar yang jauh lebih kecil. Tempe gembus juga mengandung asam-asam lemak esensial, di antaranya asam linoleat, asam lemak tak jenuh oleat dan linolenat. Proses fermentasi tempe gembus ternyata tidak mengubah nilai gizi yang terdapat pada ampas tahu, perubahan hanya terjadi pada rasa dan bentuk serta tampilannya ( source : wikipedia )
Jadi makin semangat ya mak masak tempe gembus, udah dapet enaknya juga dapet gizinya ya kaaaannn...Yuuuukkk mulai masak maak..!!

LODEH TEMPE GEMBUS ( JANGAN NDESO)
BAHAN :
4 bungkus tempe gembus
1/2 bungkus santan (sy:kara size 65ml)
2 lembar daun salam
2 ruas lengkuas
1 tomat (potong)
1sdt garam
1/4sdt penyedap
1/2 keping gula jawa
1/2sdt gula pasir
600ml air

BUMBU IRIS :
3 bawang putih
5 bawang merah
3 cabai merah
4 cabai hijau / boleh tambah rawit

CARA MEMBUAT :

  1. Iris tempe gembus bentuk dadu, goreng garing. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu iris bersama lengkuas, daun salam sampai harum. Tuang air dan masak sampai mendidih.
  3. Masukkan tempe gembus, santan. Aduk-aduk spy santan tidak pecah, masak sampai kuah sedikit berkurang.
  4. Koreksi rasa, menjelang diangkat masukkan irisan tomat. Sajikan hangat.

Comments